Adata Dashdrive Durable Ud320

Adata Dashdrive Durable Ud320

Jika peserta lainnya memanfaatkan dua sisi yang berbeda untuk dapat menghadirkan konektor Micro USB dan USB, ADATA DashDrive Durable UD320 justu mengusung desain yang sedikit berbeda. Sekilas, Anda hanya melihat konektor Micro USB saja. Namun Anda dapat mencopot bagian belakangnya jika ingin menggunakan konektor USB. Jika dibandingkan dengan peserta lainnya, desain tersebut terkesan lebih merepotkan. Tetapi di sisi lain, desain tersebut membawa kelebihan tersendiri. Pasalnya, pada saat bagian belakang dicopot, terdapat sebuah port USB yang kosong. Port USB yang kosong tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengoneksikan perangkat lain.

Seperti halnya kabel OTG, port USB tersebut dapat mendeteksi berbagai perangkat berinterface USB, seperti mouse, keyboard, gamepad, atau flash disk. Seperti halnya Philips Dual USB drive Mono 3.0 Edition, flash disk dual drive ini juga dilengkapi dengan aplikasi berbasis Windows. Namun aplikasi ini tidak disediakan di dalamnya, melainkan harus didownload terlebih dahulu. Ada dua aplikasi yang dapat didownload secara gratis, yaitu OStoGO dan UFDtoGO. OStoGO berfungsi untuk membuat installer Windows pada flash disk. Sedangkan UFDtoGO berisi beberapa aplikasi yang bermanfaat untuk mobilitas, seperti PC-Lock, Data Compression, Portable Outlook, serta folder synchronization.

Kingston Datatraveler Microduo

Di antara peserta lainnya, Kingston DataTraveler microDuo memiliki bodi yang paling mungil. Meski bertubuh mungil, material bodi yang digunakannya lebih kokoh dibandingkan peserta lainnya. Flash disk dual drive berdimensi 27.6 x 16.46 x 8.56 mm ini memiliki bodi yang terbuat dari besi yang dibalut dengan aluminium. Selain kuat, desain ini juga membuatnya tampil menawan dan elegan. Agar konektor Micro USB tidak mudah patah, konektor tersebut dilindungi oleh plastik yang cukup tebal. Sayangnya, Kingston DataTraveler microDuo tidak disertai dengan software tambahan yang mampu menunjang mobilitas Anda.

Team M132

Produk yang satu ini nampak memiliki banyak kesamaan dengan Philips Dual USB drive Mono 3.0 Edition, bahkan terlihat sangat identik. Hanya warna bodi dan desain lubang pengaitnnya saja yang sedikit berbeda. Sedangkan dimensi, material, hingga desain connnector yang terdapat pada flash disk dual drive ini sama persis dengan Philips Dual USB drive Mono 3.0 Edition. Agar tidak mudah hilang, pada paket penjualannya Team M132 juga menyertakan sebuah tali kecil.

Meski tampak identik, terdapat beberapa perbedaan di antara kedua produk ini. Di antaranya adalah performa dan aplikasi pendukung. Performa yang dihasilkan oleh kedua produk ini cukup jauh berbeda. Dengan selisih 175,67 detik untuk kecepatan menulis dan 44,33 untuk kecepatan membaca, Team M132 masih belum dapat menyaingi Philips Dual USB drive Mono 3.0. Sementara dari sisi aplikasi pendukung, Team M132 tidak menyertakannya baik berbasis mobile maupun berbasis Windows.