Antusias Tukar Kartu 4G XL

Antusias Tukar Kartu 4G XL

Teknorus.com – Paska peluncuran internet 4G oleh tiga operator besar – Telkomsel, XL dan Indosat – terlihat antusiasme pelanggan untuk menukarkan SIMcard lamanya dengan kartu perdana 4G. Ya, SIMcard lama yang hanya mendukung koneksi 3G dan 3.5G, memang tak bisa mengakses internet 4G. Jadi harus ganti kartu baru. Nomornya, sama dengan yang lama. Jadi nomor lama harus dimatikan.

Baca juga : Gambar Keren

Ketika menyambangi salah satu gerai XL Center di fX Plaza, Jakarta, mendapatkan informasi antusiasme masyarakat ini. “Perdana 4G habis mas, sudah dari kemarin mas,” ujar Ken, Customer Relation yang berjaga pagi itu (24/12). Padahal, internet 4G XL secara resmi baru diluncurkan beberapa hari saja. Menurut Ken, dalam dua hari, stok perdana 4G XL sebanyak 50 nomor lebih, langsung ludes.

Akhirnya, banyak pula pelanggan yang hanya bertanyatanya lebih jauh seputar internet 4G ini. Meskipun 4G memang begitu menggoda, Ken memperingatkan hal-hal yang mesti dicermati jika ingin berganti kartu 4G. Dia menyarankan agar pelanggan mengecek dulu apakah wilayahnya sudah tercakup sinyal 4G. Pasalnya, jika sudah berganti kartu 4G dan berlangganan paket 4G, sedangkan wilayahnya baru ada sinyal 3G, maka akses internet otomatis berjalan di jaringan 3G.

Nah, yang bisa dipakai hanya kuota 3G-nya. Setelah kuota 3G habis, kuota 4G tak bisa dipakai , tapi kembali ke tarif dasar Rp1/KB, yang tentu saja terasa lebih mahal. Hal lain adalah kartu 4G yang tersedia saat ini belum mendukung m-banking BCA. Jadi pelanggan harus download dulu aplikasi BCA Mobile Apps.

Sebaliknya, jika ada sinyal 4G dan sudah daftar paket 4G, tapi ponselnya masih 3G, maka yang terpakai adalah kuota 3G Lalu ada kabar baik bagi pelanggan, meski mungkin tidak bagi operator. Pelanggan yang sudah punya smartphone 4G multiband yang salah satunya di frekuensi 1800Mhz, maka bisa memakai secara gratis, karena 4G 1800Mhz belum mendapatkan ijin untuk dijual.

Jadi 4G yang dipakai ketiga operator saat ini secara resmi berjalan di frekuensi 900Mhz. Di Jakarta, pelanggan XL bisa menukar ke kartu 4G di banyak yaitu di XL Center Kelapa Gading Mal, Ciputra World, Pondok Indah, Puri Indah, fX Plasa, Supermal Kawaraci, Senayan City, dan Central Park. Lainnya ada di 3 kota, yaitu Sudirman Bogor, Mangkubumi Yogyakarta, dan Diponegoro Medan.