Domain berbayar

Domain berbayar

Untuk membeli sebuah domain, Anda bisa mencari website yang menyediakan jasa pembelian domain. Domain populer seperti yang berakhiran .com, .net, dan .org mudah untuk didapatkan, selama belum ada orang yang membeli domain tersebut. Namun, ada pula domain yang khusus seperti .gov yang biasanya digunakan oleh pemerintahan. Ada pula yang berakhiran .co.id atau yang berakhiran negara tertentu seperti .tw untuk negara Taiwan, seperti yang tercantum pada website http://www.gigabyte.tw/. Jenis website ini tidak bisa dibeli oleh sembarang an orang. Pembelian website seperti .co.id memerlukan bukti kepemilikan badan usaha.

Oleh karena inilah, website yang berakhiran .co.id lebih bisa dipercaya jika merujuk kepada online shop. Nama domain biasanya disewa dalam waktu satu tahun dengan harga sekitar Rp.80.000 per tahunnya. Ada pula sistem pembayaran per semester atau bahkan per beberapa bulan tertentu, sesuai dengan yang disediakan oleh provider dan kesepakatan dengan konsumen. Nama domain ini perlu diperpanjang setiap kali masa langganannya habis agar tetap bisa digunakan dan diakses.

Apabila terlambat melakukan pembayaran perpanjangan, Anda akan terkena biaya denda yang lumayan. Lebih parahnya lagi, jika terlambat dalam kurun waktu tertentu, hak kepemilikan Anda terhadap nama domain tersebut akan dihapuskan. Jika sudah begini, maka siapa pun bisa membeli dan menggunakannya. Nama Domain bisa dibeli melalui beberapa website, bisa lokal maupun luar negeri.

Website dalam negeri yang menyediakannya antara lain adalah idwebhost.com, www.masterweb. com, singcat.com, dapurhosting.com, dan sejenisnya. Sedangkan website luar yang cukup popular adalah www.godaddy.com, hostgator.com, www.hawkhost.com, dan sejenisnya. Untuk membeli nama domain, penyedia layanan menyediakan pengecekkan nama domain beserta akhiran yang kita inginkan. Jika nama yang kita inginkan belum dimiliki oleh orang lain, kita bisa langsung membelinya.