Mengontrol Pertanian dengan Teknologi Bagian 2

Mengontrol Pertanian dengan Teknologi Bagian 2

Contoh, intelligence screen house yang semua bahan pendukungnya dalam green house farming seperti nutrisi, suhu, kelembapan, pencahayaan, CO2 dapat dipantau. Pada saat berlangsungnya pameran, traktor otomatis dan robot pemetik buah menyedot perhatian pengunjung pameran di lahan seluas 220.000 m2 itu.

Traktor tersebut berjalan secara otomatis mengikuti program yang telah dimasukkan melalui komputer. Sementara robot pemetik buah beroperasi dengan sensor yang menganalisis tingkat kematangan buah berdasarkan warnanya. Meskipun masih berbentuk purwarupa, ke depannya produk hasil lembaga penelitian IAIC China ini siap dijual apabila ada perusahaan yang tertarik untuk bekerja sama dan memproduksinya secara massal.

Dari China Siap ke Pasar Indonesia Pasar mekanisasi Indonesia ternyata menarik bagi pebisnis China. Misalnya, Jinxi Chuanghua, produsen blade (pisau) untuk traktor asal China. Perusahaan yang mengklaim ahli dalam implemen pertanian ini menawarkan bermacam-macam tipe blade yang bisa diaplikasikan ke berbagai jenis traktor maupun mesin pemanen.

Belinda Zhang, International Sales Director – Chief Sales Officer Jinxi mengatakan, produk-produk Jinxi melalui proses prosedur pengujian ketat dan menggunakan bahan kualitas premium yang telah ter sertifikasi. Pihaknya juga mengaplikasikan teknologi laser cutting yang presisi. Untuk urusan servis dan purna jual, ia menjamin komunikasi yang cepat, pengiriman tepat waktu, dan harga yang bersaing. Penjualan produk perusahaan asal Provinsi Hubei, China ini masih didominasi untuk lokal. Sejauh ini produk Jinxi juga telah merambah Amerika, Italia, Australia, Prancis, India, Mesir dan negara-negara lain termasuk Asia. “Untuk Asia Tenggara, sejauh ini kami telah memasuki pasar dan sudah memiliki distributor di Filipina dan Thailand. Sementara untuk Indonesia, masih mencari kerja sama dan ingin ikut pameran besar di sana,” jelasnya.